Minggu, 22 Desember 2013

Materi Sejarah PMR

SEJARAH PMI

1. Masa Sebelum PerangDunia

Pada tanggal 21Oktober 1873 pemerintah colonial Belanda mendirikan Palang Merah di Indonesiadengan nama Nederlands Rode Kruis Afdelling Indie ( Nerkai ) yang kemudiandibubarkan pada saat pendudukan Jepang.

Perjuangan putra Indonesia untuk mendirikan PMI diawalisekitar tahun 1932. Kegiatan ini diprakarsai oleh Dr. Rel Senduk dan Dr. BahderJohan, dengan rencana atau gagasan untuk mendirikan suatu badan PMI. Tentu sajarencana ini mendapat sambutan para cendekiawan Indonesia. Akan tetapi kalanganpemerintah hindia belanda menentang keras dan menolaknya. Namun dengan gigihrencana itu dibawa ke muka konferensi Nerkai tahun1940. Namun ditolak lagi.

2. Masa Pendudukan Jepang

Ketika tentaraJepang berkuasa, maka Dr. Senduk berusaha lagi membentuk badan Palang MerahIndonesia, akan tetapi sekali lagi mendapat halangan dan rintangan daripemerintah tentara Jepang. Untuk kedua kalinya rancangan itu harus disimpanlagi.

3. Masa Kemerdekaan RI

Tanggal 3September 1945 Presiden Soekarno mengeluarkna perintah untuk membentuk suatubadan Palang Merah Nasional. Atas perintah presiden, maka Dr. Buntaran yangwaktu itu menjabat sebagai menteri kesehatan RI dalam cabinet I pada tanggal 5September 1945 membentuk panitia 5, yang terdiri dari :

Ketua : Dr. R. Mochtar

Penulis : Dr. Bahder Johan

Anggota :Dr. Djuhana, Dr. Marzuki, dan Dr. Sintanala

Pada tanggal 17September 1945, panitia 5 berhasil menyusun pengurus besar PMI. Mereka dilantikoleh wakil presiden Moh. Hatta bertembat dijalan Jl. Suryo no. 1 Jakarta.Kemudian dia menjadi ketua pengurus besar pleno. Kantor pertama bertempat diDepartemen Kesehatan (Sekarang Kementrian dalam negeri), hanya dengan satukamar, satu mesin tik, dan satu kursi.

Pada tanggal 25September 1945 atas izin Tuan A.S Alatas, kantor pindah ke JL. Ryswijk 27(kemudian menjadi hotel Du Pavillon, lalu menjadi hotel Mojopahit, sekarangkomplek perkantoran secretariat Negara bagian barat) Jakarta.

4. Masa PendaratanTentara Sekutu

Pada tanggal 2oktober 1945 tentara sekutu mendarat di pulau Jawa dan tentara Belanda ikutmembonceng. Pada saat itu Nerkai didirikan kembali dan dipimpim oleh dr.Vantrichk, Mr. Tensiethoff, Tuan Nass dan Jhr. Gockings. Disampingmelayanipertolongan pada korbanpertempuran, maka sejak bulan September 1945 PMIselangkah demi selangkah harus menyusun organisasinya menurut syarat-syaratyang bermaktub dalam konvensi Jeneva. Kepada cabang-cabang PMI dianjurkanmengadakan konsolidasi organisasi. Menurut cacatan pada waktu itu PMI sudahmemiliki 40 cabnang. Situasi politik saat itu menyebabkan hubungan dengancabang di Kalimantan, Sulawesi, dan Bali terputus.

5. Dalam Tahun PertamaDi Alam Kemerdekaan PMI Sudah Menghadapi 2 Tugas Kepalangmerahan, Yaitu :

a. tugas saat perang.

PMI harusmelindungi penduduk sipil, mengurus pengungsian, membuka DU (Dapur Umum),maupun menyelenggarakan P3K pada korban-lkorban pertempuran, pengangkutan, danperawatannya sampai pada penguburan jika ada yang meninggal. Untuk keperluantersebut dibentuk pasukan penolong pertama (Mobile Colone) oleh cabang-cabang.Anggotanya terdiri dari pelajar sekolah tinggi dan menengah. Di beberapa tempatdidirikan pula pos P3K.

Pada permulaantahun 1946 telah terkumpul ± 60 wanita untuk didik sebagai pembantu juru rawatyang diasramakan di gedung Chr. HBS Salemba. Mereka kemudian dikirimkan kedaerah luar Jakarta sampai ke daerah pertempuran. Sambil bertugas danmenghadapi Belanda, PMI mencoba mengadakan hubungan dengan luar negeri,terutama dengan Negara tetangga. Hubungan dengan ICRC dengan wakilnya Mr.Veidmann, untuk bekerjasama ditolak oleh Belanda karena dianggap yang berhakdan paling mengetahui tugas PMI adalh Nerkai.

Sikap belandakemudian berubah pada saat pecah pertempuran di Surabaya, dimana ICRC mintabantuan kepada PMI dengan memakai suratberalamatkan “To The Head Of PMI”. Dengan demikian PMI mencapai kemenangan padasaat itu. Bulan Februari 1946 diadakan perjanjian anatara PMI dengan ICRC yangditandatangani oleh Drs. Moh. Hatta dan dr. Descoudress, intinya adalah bahwaapabila ICRC akan meninjau tawanan harus disertai PMI.



b. Tugas di saatdamai, mencakup :

1. melanjutkan upaya meringankan penderitaan yang dipandangsebagai akibat perang.

2. Menyelenggarakan kewajiban yang tidak atau belumdikerjakan oleh badan pemerintah maupun swasta

TUGAS DAN KEGIATAN PMISECARA UMUM

1. Tugas Pmi Dalam Situasi Operasional

PMI mempunyai tugas kemanusiaan, yangdijalankan dalam situasi perang/pertikaian bersenjata, situasi bencana alamatau bencana lainnya, dan pada situasi damai.

2. Kegiatan PMI Dirangkum Dalam SUMBANGSIH

3. Pelaksanaan kegiatan PMI tidak boleh bertentangan dengan : ketentuan perundang-undangan yang berlaku, HPI,ketentuan-ketentua PMI, dan kebutuhan masyarakat sesuai denagn Prinsip PalangMerah.

4. Prioritas kegiatan PMI :

A. Penyelenggaraan UTD(Usaha Transfusi Darah)

B. Pengembangan danpembianaan PMR

C. Kesiagaan menghadapibencana



SUMBANGSIH PMI

S : Siagamemberikan bantuan terhadap korban banana dalam bentuk P3K, pengungsian,perkampungan darurat, DU, dan bantuan sandang pangan.

U : UTD dalam uapaya m

elayani kebuituhan akan darah bagimereka yang membutuhkan

M : Membentuk, Mendidik, melatih tenagaterampil melalui PMR, KSR, dan TSR

BANG : turut dalam pemBANGunan masyarakatdesa melalui usaha peningkatan kesejahteraan, PKMD, peningkatan gizi dankesehatan lingkungan.

SIH : menanamkan rasa kaSIH sayang bagi sesameumat melaui penyebarluasan prinsip-prinsip palang merah dan persahabatan sanperdamaian.



PALANG MERAH INTERNASIONAL (ICRC)

Sejarah palang Merah internasional atauICRC (international Comitte of The red Cross), tidak dapat dilepaskan daripeperangan yang terjadi antara pasukan Perancis dan Italia melwan Austria padatanggal 24 Juni 1859 di Solferino (Italia Utara), dimana pada saat itu 40.000dari 309.000 prajurit menjadi korban. Karena kekurangan perawatan, maka 2 bulankemudian koraban bertambah menjadi dua kali lipat.

ORGANISASI PALANGMERAH

1. KIPM /ICRC (Komite Internasional Palang Merah)

KIPM adalah sebuah lembaga yang berdiri dannetral terhadap politik, ideology dan agama. ICRC sebagai lembaga netralpelindung prinsip-prinsip Palang Merah juga sebagai penggerak Palang Merah danpeletak dasar Konvensi Genewa. ICRC berkedudukan di Genewa-Swiss dankeanggotaannya dibatasi untuk warga Negara Swiss saja yang berangotakan 25Orang. Ini dimaksudkan agar ICRC dapat benar-benar netral dalam melaksanakantugasnya. Keanggotaan tersebut dipilih atas keputusan bersama dan berkedudukansebagai badan hokum.

Berdirinya ICRC diawali dengan adanyaKonferensi Diplomatik pada tahun 1863 yang diikuti oleh 116 negara itumeletakkan dasar-dasar Palang Merah. Kemudian dibentuk seuatu lembaga penolongNasional. Atas prakarsa dari konvensi Jenewa (ICRC), maka pada tanggal 27Agustus 1964 tercapailah Konvensi Jenewa I yang ditandatangani oleh 12 kepalaNegara yang menghadiri konvensi itu. Isinya ialah : “perbaikan keadaan yangluak di darat” (Jenewa I)

Perjuangan Dunant tidak berlalu begitusaja. Pada tahun 1886 pecah perang antara Denmark – Austria melawanPrusia-Italia. Di perairan Italia, Kapal “Re’d Italia” telah berhasilditenggelamkan musuh sehingga beribu-ribu awak dan prajurit tewas. Kejadian initelah menimbulkan masalah baru bagi Perhimpunan Palang Merah. Kabar ini segeradidengar oleh Dunant pada tanggal 5 Oktober 1868, ia memanggil lagi paraanggota Konferensi Internasional di Jenewa. Atas dasar Konvensi Jenewa I tahun1863 tercapailah konvensi Jenewa II pada tahun 1899 yang isinya tentangperbaikan keadaan yang luka dilaut.

2. LRCRC/IFRC

LRCRC (League of Red Cross & RedCresent Sosiates) atau Liga Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yansekarang menajadi IFRC (International Federation of red Cross & Red CresentSociaties atau Federasi International Palang Merah dan Bulan Sabit Merah)adalah gabunagn internasioanal Palang Merah yang menangani masalah kesehatan,emcegah penyakit, mengurangi Penderitaan Manusia. IFRC didirikan pada tanggal 5Mei 1919 dengan diadakannya Konferensi Kesehatan di Caunes, Perancis.Berdirinya IFRC diprakarsai oleh seorang Bankir Amerika yang bernama Mr. Henry P. Davitson.

SUSUNAN ORGANISASI LIGA/ FEDERASI

Badantertinggi penetu kebijaksanaan adalah “General Assembly” yang disebut “Board ofGovernors” yang bersidanag setiap 2 tahun sekali dihadiri oleh seluruh anggota.Presiden Liga dipilih 4 tahun sekali. Jika “General Assembly” (Sidang Umum)tidak bersidang maka kebijaksanaan tertinggi dilaksanakan oleh “ExecutiveCouncil” (Badan Pelaksana) yang anggotanya terdiri dari Perhimpunan PalangNasional Palang Merah (dipilih berdasarkan letak geografis), presiden dansekretaris jenderal Liga.

Danaliga didapat dari iuran para anggota, sumbanagn sukarela untuk program bantuandan pengembangan juga sumbangan khusus untuk korban lainnya.

Ligabertujuan menciptakan, mendorong, mengusahakan, dan menyebarluaskan kegiatankemanusiaan oleh Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Maksudnyauntuk mencegah dan meringankan penderitaan manusia, sehingga merupakansumbangan bagi perdamaian dunia.

Liga mempunyai MOTTO :

“Inter Arma Caritas” (Bantuandiantara Pertikaian) dan “Perhumanitatem Ed Pacem” (Perdamaian melalui kemanusiaan).Awalnya pusat kantor Liga bermarkas di Jenewa, namun pada tahun 1922 pindah kePerancis dan baru pada tahun 1939 menetap di Jenewa hingga sekarang. Karenabanyaknya anggota Liga yang memakai nama Bulan Sabit Merah (Bagi Negara Islam),maka pada tahun 1983. Liga mempunyai nama baru yaitu Perhimpunan Palang Merahdan Bulan Sabit Merah (IFRC/ International Federation Red Cross). Hingga tahun1990 keanggotaan Liga ada 149 Negara. PMI masuk anggota yang ke 68 pada tanggal16 Oktober 1950.

SYARAT UNTUK DIAKUI SEBAAGAI PERHIMPUNAN NASIONAL PALANGMERAH DAN BULAN SABIT MERAH :

a. Berdiri di dalamsebuah Negara yang merdeka

b. Merupakan satu-satunyaPalang Merah dan Bulan Sabit Merah Nasional di Negara yang bersangkutan

c. Diakui olehpemerintahan yang sah di engara yang bersangkutan

d. Mempunyai statusotonomi yang memungkinkan untuk bergerak sesuai dengan prinsip-prinsip PalangMerah

e. Menggunakan nama danlambing Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang sesuai dengan Konvensi Jenewa

f. Terorganisir

g. Taat pada anggarandasar yang berlaku

h. Menghormati prinsipdasar gerakan dengan menjalankan tugasnya sesuai dengan prinsip-prinsip HPI(International Humanitariaan Law)

PRINSIP-PRINSIP DASAR PALANG MERAH DAN BULAN SABITMERAH INTERNASIONAL

Semuakegiatan Kemanusiaan Gerakan Palang Merah dilandasi oleh 7 prinsip dasarGerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Ke 7 prinsip dasarini disahkan dalam konferensiInternatioanl Palang Merah ke XX di Wina tahun1965. Teks yang diperbaharui berikut ini tercantum dalam AD & ART Gerakan Palang Merah dan BulanSabit Merah International yang telah disahkan dalam konferensi internasionalPalang Merah ke XXV di Jenewa tahun 1986. Ke-7 prinsip ini juga telah disahkandalam Munas PMI ke XIV di Jakarta pada tahun 1986.



KEMANUSIAAN: Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit MerahInternasional didirika berdasarkan keinginan memberikan pertolongan tanpamembedakan korban yang luka didalam pertempuran. Berupaya dalam kemampuanbangsa antar bangsa, mencegah dan mengatasi penderitaan manusia. Palang Merahmenimbulkan saling pengertian, persahabatan, kerjasama dan perdamaian bagisesame manusia.

KESAMAAN : Gerakan ini tidak membuat perbedaan atas dasarkebangsaan, kesukuan, agama/kepercayaan, tingkatan atau pandangan politik.Tujuannya semata-mata mengurangi penderitaan manusia sesuai dengan kebutuhannyadan mendahulukan keadaan yang paling parah.

KENETRALAN : Agar senantiasa mendapat kepercayaan dari semua pihak.Gerakan ini tidak boleh memihak atau melihatkan diri dalam pertentanganpolitik, kesukuan, agama, atau ideology.

KEMANDIRIAN: Gerakan ini bersifat mandiri. Perhimpunan Nasionaldisamping membantu pemerintahannya dalam bidang kemanusiaan juga harus menaatiperaturan negaranya, harus selalu menjaga otonominya sehingga dapat bertindaksejlan dengan prinsip-prinsip gerakan ini.

KESUKARELAAN : Gerakan ini adalah gerakan pemberi bantuan sukarela yangtidak didasari oelh keinginan untuk mencari keuntugan apapum.

KESATUAN : Didalam suatu Negara hanya ada satu Perhimpunan PalangMerah atau Bulan Sabit Merah yang terbuka untuk semua orang dan melaksanakantugas kemanusiaan di seluruh Wilayah.

Kesemestaan : Gerakan Palang Merahdan Bulan Sabit Merah International adalah bersifat semesta. Setiap perhimpunanmempunyai hak dan tanggungjawab yang sama dalam menolong sesame manusia.






Ketua PMI ke-1 (1945-1946) Drs. Moch. Hatta

Ketua PMI ke-2 (1946-1948) SoetarjoKartohadikoesoemo

Ketua PMI ke-3 (1948-1952) B.P.H. Bintoro

Ketua PMI ke-4 (1952-1954) Prof. Dr. Bahder Djohan

Ketua PMI ke-5 (1954-1966) P.A.A Paku Alam VIII

Ketua PMI ke-6 (1966-1969) Letjen Basuki Rachmat

Ketua PMI ke-7 (1970-1982) Prof. Dr. Satrio

Ketua PMI ke-8 (1982-1986) Soeyoso Soemodiredjo

Ketua PMI ke-9 (1986-1992) Ibnu Sutowo

Ketua PMI ke-10 (1992-1998) Hj. Siti Hardianti Rukmana

Ketua PMI ke-11 (1998-2004) Mar’I Muhammad

Ketua PMI ke-12 (2004-2009) Mar’I Muhammad

Ketua PMI ke-13 (2009- sekarang) Muhammad Jusuf Kalla



Kongres PMIKe- 1 : Yogyakarta 16-17 Oktober 1946

Kongres PMIKe- 2 : Yogyakarta 13-14 Novemver1946

Kongres PMIKe- 3 : Yogyakarta 8-11 Oktober 1949

Kongres PMIKe- 4 : Jakarta 25-27 Januari 1950

Kongres PMIKe- 5 : Bogor 1-5 April 1950

Kongres PMIKe-6 : Tawangmangu, Karanganyar,Jawa Tengah 13-16 Desember 1954

Kongres PMIKe- 7 : Surabaya 9-13 Februari 1959

Kongres PMI Ke-8 : Jakarta 13-16 Mei 1963

Kongres PMIKe- 9 : Bandung 24-27 November 1966

Kongres PMIKe- 10 : Jakarta 24-28 Maret 1970

Kongres PMIKe- 11 : Jakarta 11-13 Juli 1973

Kongres PMIKe-12 : Jakarta 14-16 Desember 1977

Kongres PMIKe- 13 : Jakarta 17-19 September 1982

Kongres PMIKe- 14 : Jakarta 28-30 November 1990

Kongres PMIKe- 15 : Jakarta 28 November – 1Desember 1994









Biasanya lambang dipakai sebagai apa?

Lambang dipakai sebagai identitas atau tanda pengenal bagi orang-orang di suatu kelompok, daerah, negara atau apapun

Sebelum lambang palang merah diadopsi, negara Austria menggunakan apa sebagai tanda pengenalnya?

Bendera putih

Kapan protokol tambahan I dan II disahkan?

Tahun 1977

Sebutkan fungsi lambang sebagai tanda pengenal!

Identitas dan hak milik

Sebutkan macam-macam penyalahgunaan lambang!

peniruan, penggunaan yang tidak tepat, pelanggaran berat

Jelaskan maksud peniruan dalam penyalahgunaan lambang!

Penggunaan tanda-tanda yang mirip dengan Lambang Palang Merah, namun sebenarnya bukanlah Lambang Gerakan Palang Merah

Siapakah yang mengusulkan PMI kepada pemerintah belanda?

dr. RCL. Senduk dan dr. Bahder Djohan

Tahun berapa dr. RCL. Senduk dan dr. Bahder Djohan mengusulkan PMI kepada pemerintah belanda?

Tahun 1932

Kapan NERKAI dibentuk?

21 oktober 1873

Pada tanggal, bulan, dan tahun berapakah PANITIA LIMA dibentuk?

5-Sep-45

Siapa sajakah anggota PANITIA LIMA?

Dr. Djoehana, Dr. Marzuki, Dr. Sintanala

Kapan keputusan pemerintah RI no. 25/1950 tentang pengesahan berdirinya PMI dikeluarkan?

16 Januari 1950

Pada 15 Juni 1950 PMI diakui ICRC dengan surat keputusan nomor?

no. 392

Apa yang terjadi pada tanggal 20 mei 1950?

NERKAI menyerahkan RS. Kedung Halang ke PMI

Pada tahun berapa ICRC mencoba menyusun Prinsip Dasar?

Tahun 1921

Kapan dan dimana diproklamirkan 7 prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional?

Tahun 1965 di Wina-Austria

Kapan IFRC dibentuk?

5 mei 1919

Siapa yang memprakarsai berdirinya IFRC?

Seorang banker Amerika, Mr. Henry P. Davidson

tahun berapa Ny. Elizabeth Fry mendirikan perkumpulan juru rawat wanita?

Tahun 1840

kemana Florence meneruskan pelajarannya setelah belajar banyak dari Ny. Elizabeth Fry?

Prancis dan Jerman

Oleh siapakah Florence dididik di Jerman?

Pastor Fliedner

Pada tahun berapakah terjadi perang di Krim?

Tahun 1854

Kepada siapa Florence menulis surat tentang kesiapannya dibawa ke Krim?

Sidney Herbert

Dengan berapa orang juru rawat Florence berangkat ke Scutari?

30 juru rawat

Kapan Florence dan 30 juru rawat lainnya sampai di Scutari dengan selamat?

4 November 1854

Berapa poundsterling yang dikumpulkan oleh rakyat inggris untuk mendirikan sekolah yang dicita-citakan Florence?

45 poundsterling

Pada tahun berapakh Florence mendapat order of merit?

1907

Siapa nama ayah dari Florence Nightingale?

William Nightingale

Siapa nama ibu dari Florence Nightingale?

Fani

Siapa nama kakak dari Florence Nightingale?

Parthenope

Apa profesi Jean Jaques Dunant?

Dewan republik di Swiss

siapakah nama ibu dari JHD?

Antoinette Colladon

Buku tenteng apakah yang dibuat JHD yang diterbitkan pada tahun 1857?

Menentang perbudakan dan penjualan budak

Tahun berapakah JHD pergi ke Italia menuju Solferino?

1859

terjadi apakah tanggal 24 juni 1859 di Solferino?

Perang antara Prancis-Sardinia melawan Austria

Kapan "Un Souvenir de Solferino" diterbitkan?

1862

Oleh siapa dan kapan buku "Un Souvenir de Solferino" diterbitkan dalam bahasa belanda?

Oleh Dr. Basting tahun 1863

Kapan JHD mendapat hadiah nobel perdamaian?

1901

Berapa prajurit yang menjadi korban pada perang di Solferino?

40 ribu

Dimana panitia 5 dilantik?



Sebutkan latar belakang HPI!

Adanya tindakan untuk menolong sesama

Apa saja pokok-pokok dasar HPI?

pencegahan, cara berperang, bantuan bagi para korban, supervisi dan sanksi

Apa isi konvensi Den Haag?

Larangan merusak benda budaya, Larangan pembuatan senjata biologi untuk perang, Larangan penggunaan senjata nuklir

Apa saja nama lain dari HPI?

Hukum Humaniter Internasional, Hukum Humaniter, Hukum Internasional Humaniter, Hukum Humaniter Sengketa Bersenjata

Apa saja yang menjadi dasar hukum HPI?

Konvensi jenewa, Protokol tambahan I dan II, dan Konvensi den Haag

Berapa pasal dan lampiran konvensi Jenewa ke 3?

Berisi 143 pasal dan 5 lampiran

Apa isi konvensi jenewa ke 4?

Perlindungan terhadap orang-orang sipil di masa perang

Dimanakah kongres PMI yang ke 6 dilaksanakan?

Tawangmangu, Jawa Tengah

Kapan MUNAS PMI ke 16 dilaksanakan?

28 november - 1 desember 1994

Berapa tahunkah masa jabatan dr. satrio?



12 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar